Senin, 13 Desember 2010

cara merawat tokek rumah

untuk pemula dalam melihara tokek rumah, tokek harus memilih tempat yang jauh dari campur tangan manusia,dan kandang harus terbuat dari bambu dan diberi air secukupnya,untuk lebih jelasnya gue akan ngasih tau cara nya untuk memelihaera
Menurut gue pemeliharaan yang bagus adalah dengan menggunakan
kandang ;
untuk membesarkan
, artinya kandang akan menyesuaikan ukuran dari tokek yang kita pelihara. Misal untuk ukuran tokek dengan panjang dibawah 17 cm kita gunakan aja kandang dengan ukuran 30 cm.(kayak pemeliharaan ikan arwana). Hal ini dimaksudkan agar tokek endak terlalu banyak aktivitas, jangkauan makanan (jangkrik dan air minum) dekat, memudahkan dalam pengawasan. Jeruji/jaring kandang bisa menggunakan jaringkawat dengan lubang2 kecil supaya jangkrik pakan endak keluar dari andang. Untuk ukuran kandang 30×30 cm bisa di huni 2 tokek kecil atau lebih sekaligus , selain untuk menghemat tempat juga untuk interaksi tokek dan persaingan dalam ndapetin makanan dan jika ukuran/besar tokek sudah brtambah maka lakukan pengurangan/pemindahan tokek ke kandang yg lebih besar, demikian selanjutnya.
Makanan :
Pada dasarnya tokek menyukai serangga, dalam pemeliharaan pilihan yang bagus adalah jangkrik pakan, selain mudah didapatkan juga jangkrik memiliki kandungan protein yang bagus. Untuk menambah nutrisi,tapi tidak nasi kucing,maksudnya adalah diberi vitamin pada jangkrik sehingga kandungan pada jangkrik tsb juga meningkat. bsa juga bisa memberikan telur ayam dicampur dengan madu secukupnya untuk menambah gizi.
Minuman :
untuk minu5n cukup diberi air putih aja kok!!!!!,dan diberi kuning telur kalo punya atau juga bisa dikasih gula merah yang udah dihaluskan
Pembersihan kandang :
Penempatan kandang sangat penting guna mempermudah pembersihan kandang. Sebaiknya peletakan kandang tokek bisa nempel didinding bisa pake' siku seperti hurup L atau dalam bentuk kotak dengan kaki2 penyangga, hal ini dimaksudkan agar kotoran tokek tidak merusak alas kandang. Pembersihan kotoran bisa dilakukan 1 minggu sekali aja, karena pada dasarnya tokek endak terlalu sering buang kotoran dan menghindari kontak yang brlebihan dengan manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar